Minggu, 07 April 2013

Tips Menghadapi UN


Hey ceritania lovers, kali ini gue mau bagi - bagi tips buat temen - temen yang bentar lagi menghadapi UN (Ujian Nasional). Perasaan takut pasti ada tapi jangan dibikin stress, sersan aja, serius tapi santai. Sebagian pelajar menganggap UN adalah sesuatu yang mengerikan padahal UN itu cuma sebuah proses yang harus dilewati untuk melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya. Kalian harus siap berperang melawan soal - soal ujian. Kalau kalian belajar dengan sunguh - sungguh, pasti akan lulus dengan nilai yang baik. Berikut ini ceritania kasih tahu metode belajar yang baik. Cekidot...!!!

1. Paham & mengerti
Pahami setiap materi yang diberikan oleh guru di sekolah. pastikan kalian paham dan mengerti. Kalau kalian sudah bisa memahami suatu materi pasti untuk memahami materi selanjutnya akan lebih mudah. Biasanya materi awal, dan materi selanjutnya akan berhubungan. Jangan malu bertanya, tanyakan kembali kepada guru  jika ada yang belum paham. Atau dekati si bintang kelas biar ketularan pintar. Inget, malu bertanya sesat di jalan lho guys..

2. Rajin menghafal
Ada beberapa pelajaran yang mengharuskan kalian rajin menghafal misalnya rumus matematika, rumus fisika atau grammer dan lain - lain. Rajunlah menghafal. Kalau rumus aja gak hafal, gimana bisa mengerjakan soalnya? Bila perlu buatlah kamus saku, kamus kecil seukuran kantong, di kamus itu kalian bisa tulis rumus - rumusnya, jadi bisa dibawa kemana aja dan dapat dipelajari kapan saja. Kamus saku juga bisa dipakai untuk memperkaya english vocabulary kalian. Ingat, kamus saku bukan buat contekan lho guys..!!

3. Belajarlah secara rutin
Seorang pelajar yang baik selalu menganggap pelajaran itu suatu kebutuhan dan belajar sebagai kewajiban yang harus dikerjakan setiap hari. Nah, kalain type pelajar yang seperti apa nih? Belajarlah secara rutin, jangan belajar hanya ketika menjelang ulangan atau UN saja. Hindari SKS (sistem kebut semalam), belajar wayangan itu gak baik untuk sistem kerja otak. Alangkah baiknya belajar itu setiap hari. Selain tidak menguras sistem kerja otak, belajar rutin itu merupakan tindakan preventive kalau ada ulangan dadakan. Kalian punya gak guru yang kalau ulangan itu dadakan? gak pernah kabar- kabari muridnya kalau mau ulangan. Hhmm, hati - hati deh kalau punya guru seperti itu. 

Ya, siapa pun gurunya gak akan bermasalah atau pun menjadi beban ketika kita rajin belajar. Bahkan UN pun gak akan jadi monster bagi pelajar yang giat belajar. Jika metode belajar kalian baik pasti akan lulus. Selanjutnya kalian hanya tinggal menyiapkan kunci suksesnya. Apa saja kunci sukses UN? 

1. Rajin belajar
Rajinlah belajar. Rajin itu pangkal pandai lho. Jika kalian setiap hari menerapkan metode belajar yang baik, gak perlu mendatangkan guru les ke rumah juga pasti lulus. Manfaatkan materi tambahan dari sekolah juga sudah cukup. Semangatlah belajar, siapkan mental untuk berperang menghadapi UN. Kalian pasti bisa...!!

2. Rajin berdoa
Lengakpilah usaha kalian dengan doa. Yakinlah, Allah akan mengabulkan doa hambaNya yang tulus. Jangan lupa minta doa restu ibu. Doa ibu itu mustajab. Surga aja di telapak kaki ibu.

3. Tawakal
Setelah rajin belajar, rajin berdoa, langkah selanjutnya kalian hanya bisa bertawakal. Berserah diri kepada Allah, Allah tahu yang terbaik buat kita. Ini cerita nyata tentang hasil UN gue waktu jaman SMP. Jaman gue sekolah, alhamdulillah otak gue masih bersih dari segala macam virus, gue beserta kedelapan temen SMP gue UN matematika dapat nilai 10 lho guys. Keren kan? Yup, itu berkat usaha keras, dukungan semangat dari guru, serta doa ibu dan orang- orang yang selalu mendukung kita. 

Well, semangat buat teman- teman yang mau UN. Gue aja bisa, kalian juga pasti bisa. Good luck guys..!!!